Friday, July 15, 2011

Data Recovery Wizard Free Edition

Kehilangan file atau data-data yang penting akibat terhapus, virus, format, atau gagalnya partisi..   Kalau kalian mengalami hal seprti itu, pasti bikin pusing kan??
Oke..kali ini saya akan men-share sebuah software yang bernama Data Recovery Wizard Free Edition. software ini berfungsi untuk merecovery data atau mengembalikan data yang hilang. software inipun mempunyai banyak fitur, yaitu:
* Recovery file yang terhapus, baik ketika menghapus dengan Shit+Delete atau setelah empty recycle bin
* Recovery lengkap, baik setelah partisi di format, dari RAW partition dan disk yang rusak (corrupt) akibat partisi sehingga muncul tulisan “Disk is not formatted”
* Recovery Partisi, seperti ketika proses partisi mengalami error, partisi yang terhapus, lost partition karena aplikasi atau sistem error
* Mendukung format file sistem FAT (12/16/32), NTFS, NTFS5 juga EXT2/EXT3.
* Membuat disk/partition image untuk recovery data
* Resume hasil scan terakhir
* Bisa menjadi bootable media dengan WinPE
* Fitur pecarian data setelah proses scanning
* Bisa digunakan untuk menyelamatkan data dari berbagai media, seperti : IDE HDD, SATA HDD, SCSI HDD, FireWire HDD, USB HDD, External HDD, Hardware RAID, Floppy drive, USB flash drive (flashdisk), Compact flash card, Secure Digital card, Memory card/Memory stick, Micro card, Zip drive maupun IPod
* Dapat di install di Windows 2000/XP/2003/Vista serta Windows Server 2008 dan Windows 7

Cara menggunakannya cukup mudah kok..ini caranya :

Setelah di install, jalankan Data Recovery Wizard. Setelah tampil, dibagian atas akan terlihat batasan berapa maksimal data yang bisa diselamatkan (awalnya adalah 1 GB = 1024 MB). Ada 3 pilihan recovery yang bisa kita gunakan, yang ditandai dengan icon atau gambar yang berbeda. Berikut penjelasannya.
1. Deleted File Recovery, pilih ini untuk menyelamatkan data yang terhapus melalui tombol delete, shift+delete atau setelah hilang dari Recycle Bin
2. Complete Recovery, pilih jika ingin menyelamatkan data dari hal-hal seperti berikut :
    * Data hilang ketika mem-format hardisk
    * Hardisk hanya menampilkan format RAW atau ketika Windows sering menampilkan pesan seperti “Do
       you want to format this drive?”
    * Kehilangan data ketika komputer tiba-tiba mati, serangan virus, software bermasalah dan lainnya
3. Partition Recovery, gunakan menu ini untuk menyelamatkan partisi yang terhapus, partisi hilang ketika proses format dan sejenisnya



  











 
Download Now


Catatan : -Karena ini versi gratis maka, umlah data yang bisa di recovery terbatas maksimal 1 GB untuk sekali recovery. Meskipun software sudah di uninstall, dan di install ulang, sisa recovery yang tersisa akan sama seperti sebelumnya ketika masih digunakan. (meskipun dengan trik khusus kita bisa mereset jumlah ini agar tetap 1 GB terus, tanpa perlu install ulang)
             -usahakan jangan menginstall program ini di drive yang akan di recovery. Kemudian menghadapi keterbatasan data yang bisa di recovery sebesar 1 GB ini, maka pastikan mengutamakan recovery data-data penting terlebih dahulu, dan file yang tidak begitu penting dan ukurannya besar di abaikan saja.

No comments:

Post a Comment

Jika kalian merasa terbantu dengan artikel diblog ini dan ingin blog ini tetap eksis dalam dunia maya, silahkan tinggalkan komentar anda. Agar blog ini tetap eksis dan lebih baik kedepannya...!!!